Pengaduan Dapat Disampaikan di Tlp: 581323 / 3632216, Fax: 581326 / 3616430, email: bbkp.makassar@gmail.com dan di website www.bbkp-makassar.com



SIMAK-BMN

Simak BMN merupakan subsistem dari SAI yang merupakan rangkaian prosedur yang  saling berhubungan untuk mengolah dokumen sumber dalam rangka menghasilkan informasi untuk penyusunan neraca dan laporan BMN serta laporan manajerial lainnya sesuai ketentuan yang berlaku.

KONDISI BMN

 

BMN

BAIK

RUSAK RINGAN

RUSAK BERAT

 1

Barang Bergerak

Apabila kondisi barang  tersebut masih dalam keadaan utuh dan berfungsi dengan baik.

Apabila kondisi  barang  tersebut  masih dalam keadaan utuh tetapi  kurang berfungsi dengan baik. Untuk berfungsi dengan baik memerlukan perbaikan ringan dan tidak  memerlukan penggantian bagian utama/ komponen pokok.

Apabila kondisi  barang tersebut tidak utuh dan tidak berfungsi lagi atau memerlukan perbaikan besar/penggantian bagian utama/komponen pokok, sehingga tidak ekonomis untuk diadakan perbaikan/ rehabilitasi.

 2

Tanah

Apabila kondisi  tanah tersebut siap dipergunakan dan/atau dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya.

Apabila kondisi tanah tersebut karena sesuatu sebab tidak dapat dipergunakan dan/atau dimanfaatkan

dan masih memerlukan

pengolahan/perlakuan (misalnya pengeringan, pengurugan, perataan dan pemadatan) untuk dapat dipergunakan sesuai dengan peruntukannya.

Apabila kondisi tanah tersebut tidak dapat  lagi dipergunakan dan/atau dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya karena adanya bencana alam, erosi dan sebagainya.

 3

Jalan dan Jembatan

Apabila kondisi fisik barang tersebut dalam keadaan utuh dan berfungsi dengan baik.

Apabila kondisi  fisik barang  tersebut dalam keadaan utuh namun memerlukan perbaikan ringan untuk dapat dipergunakan sesuai dengan fungsinya.

Apabila kondisi fisik barang

tersebut dalam keadaan tidak utuh/tidak berfungsi dengan baik dan memerlukan perbaikan dengan biaya besar.

 4

Bangunan

Apabila bangunan tersebut utuh dan tidak memerlukan perbaikan yang berarti kecuali pemeliharaan rutin.

Apabila bangunan tersebut masih utuh, memerlukan pemeliharaan rutin dan perbaikan ringan pada komponen-komponen bukan konstruksi utama.

Apabila bangunan tersebut tidak utuh dan tidak dapat

dipergunakan  lagi.